4 Cara Alami Hilangkan Jerawat Dengan Cepat from buzai232's blog

Jerawat adalah masalah kulit paling umum yang dialami banyak orang. Jerawat bisa menjadi sangat mengganggu dan sulit dihilangkan, apalagi jika kamu melakukannya dengan cara yang tidak tepat. Bukannya hilang, jerawat justru bisa semakin parah. cara menghilang kan komedo di hidung

Berbagai metode bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat. Jika kamu memilih langkah yang alami, berikut empat cara alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

1. Totol Tea Tree Oil
Tea tree oil berasal dari tanaman yang bernama Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Tea tree oil terkenal dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan peradangan pada kulit. Tea tree oil dapat mencegah timbulnya 2 tipe bakteri jerawat, yaitu P. acnes dan S. epidermis.

Seperti dikutip dari Healthline, 5% gel tea tree oil terbukti empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali mengurangi keparahan jerawat. Gel yang mengandung tea tree oil sebanyak 5% juga terbukti sama efektifnya dengan lotion yang mengandung 5% benzoil peroksida. Selain itu, tea tree oil juga terbukti memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan benzoil peroksida.

Untuk mengurangi efek negatif yang mungkin diakibatkan oleh tea tree oil, maka jangan gunakan tea tree oil secara langsung, melainkan campurkan air dengan konsentrasi 1:9. Setelahnya oleskan pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan kapas. Agar kulit tidak terasa kering, gunakan pelembab jika diperlukan. Lakukan ini 2 kali sehari sesuai keperluan.

2. Minyak Esensial
Beberapa minyak esensial diketahui mengandung bahan anti-bakteri dan anti-peradangan. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Minyak esensial kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh dapat melawan bakteri S. epidermis dan P. acnes yang dapat menyebabkan jerawat.

Rosemary dan serai juga terbukti secara efektif menghambat P. acnes. Minyak cengkeh-basil 2% dan 5% ternyata lebih efektif dan lebih cepat mengurangi jerawat dibandingkan benzoil peroksida. Sedangkan gel yang mengandung acetic acid, essential oil jeruk, dan basil terbukti 75% dapat meningkatkan penyembuhan jerawat.

Sama seperti tea tree oil, agar tidak terlalu keras pada kulit, sebaiknya campurkan 1:9 minyak esensial dengan air. Untuk hasil yang lebih efektif, gunakan satu sampai dua kali setiap hari.
3. Teh Hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat diminum secara langsung, green tea juga dapat dioleskan langsung pada kulit. Teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan, mengurangi minyak berlebih, dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada kulit yang berjerawat.

Menggunakan produk dengan kandungan teh hiijau 2 - 3% terbukti dapat mengurangi jerawat dan produksi minyak berlebih. Cara pemakaiannya cukup mudah. Pertama, campurkan teh hijau ke dalam air panas selama 3-4 menit, lalu tunggu hingga air teh menjadi dingin. Setelahnya aplikasikan pada wajah dengan kapas atau menggunakan botol spray. Diamkan selama 10 menit atau semalaman, setelahnya cuci menggunakan air. Lakukan perawatan ini 1 sampai 2 kali sehari.
4. Lidah Buaya
Aloe vera atau lidah buaya terkenal cukup efektif untuk membasmi bakteri jerawat, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, cinnamonic acid, phenols dan belerang yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Semakin tinggi kandungan lidah buaya dalam suatu produk, maka semakin efektif pula untuk mengurangi jerawat. Menggunakan 50% gel lidah buaya dengan krim tretinoin juga terbukti lebih efektif menghilangkan jerawat dibandingkan dengan krim tretinoin saja. Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A.

Walaupun gel lidah buaya memang terbukti dapat membantu membersihkan jerawat, namun akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan obat-obat lainnya. Untuk menggunakan gel lidah buaya ini caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan memisahkan gel lidah buaya dan mengoleskannya pada wajah. Kamu juga dapat mengkombinasikannya, seperti dengan menggunakan produk perawatan jerawat terlebih dahulu, lalu aplikasikan gel lidah buaya setelahnya.

Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment